Jangan Sepelekan, Inilah 5 Penyebab Headset Mati Sebelah

headset

Headset adalah salah satu perangkat penting bagi para pengguna smartphone. Sayangnya, headset mudah sekali rusak atau mati sebelah. Lalu, apa penyebab headset mati sebelah.

Headset mati sebelah kiri atau sebelah kanan saja tentu sangat menjengkelkan. Sebab hal ini sangat membuat tidak nyaman ketika digunakan. Apalagi, ketika Anda menggunakannya untuk mendengarkan musik.

Lalu bagaimana cara memperbaiki headset mati sebelah? Sebelum memperbaikinya tentu saja Anda perlu mengetahui beberapa penyebab headset mati sebelah. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Saja yang Menyebabkan HeadsetĀ  Mati Sebelah?

Kenapa headset tidak berfungsi dan apa saja penyebabnya? Kerusakan yang paling sering yaitu mati sebelah. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Terdapat Kabel yang Putus

Penyebab headset mati sebelah yang pertama yaitu dikarenakan adanya kabel yang putus. Hal ini sangat mungkin terjadi ketika anda sering menggunakannya.

Pada umumnya hal ini terjadi karena waktu pemakaian sudah sangat lama. Selain itu karena headset tertarik secara tidak sengaja sehingga kabel kecil di dalamnya putus sehingga headset mati sebelah.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan terlalu keras ketika menarik headset. Simpanlah headset di tempatnya atau dengan cara digantung supaya tidak sering tertarik.

2. Pernah Terbentur

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali headset Andi jatuh atau terbentur benda keras. Ketika Anda jatuh dan terbentur benda keras seperti lantai maka bisa saja komponen didalamnya rusak sehingga tidak bisa berfungsi normal.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki headset mati sebelah? Jika headset yang Anda gunakan memiliki garansi sebaiknya bawa ke tempat pembelian headset tersebut.

Mungkin saja headset Anda masih bisa diperbaiki. Jika penyebab kerusakannya masih ditoleransi, Anda juga bisa mendapat pengganti yang baru.

 

3. Komponen Bass Mati

Penyebab lainnya yang membuat website anda atas ke bawah yaitu karena komponen bass yang mati. Tahukah Anda jika hentakan bass yang membuat headset terasa sangat hidup. Jadi, bisa saja headset Anda rusak karena bass yang mati.

Bass yang rusak biasanya karena terkena air. Mungkin saja headset Anda pernah kehujanan Ketika anda gunakan. Sehingga air hujan masuk ke dalam komponen headset dan membuat bass rusak.

Selain itu, bass juga bisa saja mati karena terendam air. Coba ingat lagi apakah headset Anda pernah tertinggal di dalam saku celana sampai tak sengaja ikut tercuci di mesin cuci?

4. Korsleting

Meskipun dapat digunakan tanpa ada sambungan listrik tetapi korsleting bisa saja terjadi. Hal ini biasanya terjadi karena aliran daya dari smartphone yang Anda gunakan terlalu kencang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *